Macam-Macam dan Pengertian Topologi Jaringan


Indomulkom- Pengertian Topologi Jaringan adalah suatu cara atau konsep untuk menghubungkan beberapa atau banyak komputer sekaligus menjadi suatu jaringan yang saling terkoneksi, dan setiap macam topologi jaringan komputer akan berada  dari segi kecepatan pengiriman data, biaya pembuatan , serta kemudahan dalam proses maintenance nya, dan juga setiap jenis topologi jaringan komputer memiliki kelebihan serta kekurangannya masing-masing. ada banyak macam topologi diantaranya topologi ring , topologi star , topologi bus , topologo mesh , topologi tree yang akan dibahas kali ini ..

Macam-Macam Topologi Jaringan Komputer


1. Topologi Bus

Topologi jaringan komputer bus tersusun rapi seperti layaknya Antrian dan menggunakan satu kabel coaxial dan setiap komputer terhubung ke kabel menggunakan konektor BNC , dan kedua ujung dari kabel coaxial harus diakhiri oleh terminator.
  • Kelebihan : dari bus yaitu kabel yang digunakan tidak banayk dan menghemat biaya pemasangan
  • Kekurangan : Topologi bus adalah jika terjadi gangguan atau masalah pada suatu komputer bisa mengganggu jaringan komputer lain,
  • untuk topologi ini sangat sulit mendeteksi gangguan
  • sering terjadinya antrian data dan jika jaraaknya terlalu jauh harus menggunakan repeatear.


2. Topologi Star

Topologi jenis ini membentuk seperti layaknya Bintang maka di namakan Topologi Star karena semua komputer di hubungkan ke sebuah Hub/switch lah pusat dari jaringan dan bertugas untuk mengontrol lalu lintas data, jadi jika komputer 1 ingin mengirim data ke komputer 5, data akan dikirim ke switch dan langsung di kirimkan ke komputer tujuan tanpa melewati komputer lain. Topologi jaringan komputer inilah yang paling banyak digunakan oleh banyak perusahaan atau pihak kantor karna memiliki banyak kelebihan

  • Kelebihan : topologi ini adalah sangat mudah mendeteksi komputer mana yang mengalami gangguan,
  • mudah untuk melakukan penambahan atau pengurangan komputer tanpa mengganggu yang lain
  • dan tingkat keamanan sebuah data lebih tinggi
  • Kekurangan : Topologi jaringan komputer ini adalah memerlukan biaya yang tinggi untuk pemasngan
  • membutuhkan kabel yang banyak serta switch/hub
  • kestabilan jaringan sangat tergantung pada terminal pusat sehingga jika switch/hub mengalami gangguan maka seluruh jaringan akan terganggu.

3. Topologi Ring

Pada Tolologi ring setiap komputer di hubungkan dengan komputer lain dan seterusnya sampai kembali lagi ke komputer pertama , kenapa disebut topologi ring karna topologi ini membentuk sebuah lingkaran , topologi ini berkomunikasi menggunakan data token untuk mengontol hak akses komputer untuk menerima data, misalnya komputer 1 akan mengirim file ke komputer 5, maka data akan melewati komputer 2 , 3 dan 4 sampai di terima oleh komputer 5 m jadi sebuah komputer akan melanjutkan pengiriman data jika yang dituju bukan IP Address dia.
  • Kelebihan : dari Topologi Jaringan ini adalah pada kemudahan dalam proses pemasngan dan instalasi 
  • pengguunaan jumlah kabel lan yang sedikit sehingga akan menghemat biaya
  • Kekurangan : paling fatal pada topologi jaringan ring adlah jika satu komputeer ataupun kabel nya bermaslah maka pengiriman data akan terganggu bahkan error.

4. Topologi Mesh

Pada topologi ini setiap komputer akan terhubung dengan komputer lain dalam jaringan menggunakan kabel tunggal , jadi proses pengiriman data akan langsung mencapai komputer tujuan tanpa melalui komputer komputer lain ataupun switch atau hub.
  • Kelebihan : proses pengiriman lebih cepat dan tanpa melalui komputer lain , 
  • jika komputer lain mengalami kerusakan tidak akan menganggu komputer lain
  • Kekurangan : dari topologi ini sudah jelas akan memakan biaya yang sangat banyak karena membutuhkan jumlah kabel yang sangat banyak dari setiap komputer harus memiliki port I/O yang banyak juga, selain itu proses instalasi sangat rumit

5. Topologi Tree

Topologi jaringan Komuter Tree merupakan gabungan dari beberapa topologi star yang dihubug=ngkan dengan topoogi bus, jadi setiap jadi setiap topologi star akan terhubung ke topologi star lainya menggunakan topologi bus , biasanya dalam topologi ini terdapat beberapa tingkatan jaringan , dan jaringan yang beraada pada tingkat yang lebih tinggi dapat mengontrol jaringan yang berada pada tingkatan yang lebih rendah.
  • Kelebihan topologi Tree adalah mudah menemukan suatu kesalahan dan juga mudah melakukan perubahan jaringan jika diiperlukan.
  • Kekurangan yaitu menggunakan banyak kabel
  • sering terjadi tabrakan dan lambat
  • jika terjadi keselahan pada jaringan tingkat tinggi maka akan me,pengaruhi jaringan tingkat rendah maka akan mengalami gangguan untuk jaringan yang tingkat nya rendah.


Sebenernya masih ada banyak topologi yang belum saya sampaikan , tetapi artikel diatas adalah beberapa topologi yang sering digunakan oleh banyak orang , pilihlan topologi yang sesuai dengan kebutuhan anda semoga artikel ini bermanfaat bagi anda dan membantu , terimakasih sampai jumpa .






Artikel by : Anggi Nurjaman
Previous
Next Post »