10 Komputer tercanggih di Dunia



Perkembangan teknologi memang menjadi berita yang menarik untuk diperbincangkan, bagi anda pengguna Komputer tentu tidak melewatkan yang namanya komputer Tercanggih dan Tercepat saat ini, Disini indomulkom akan memberi Pengetahuan tentang 10 Komputer Tercanggih Di Dunia.
Bagi kebanyakan orang memiliki komputer yang spesifikasinya besar dan mempunyai kecepatan yang cepat memang menjadi daya ingin seorang pengguna Komputer. Disisi lain komputer juga sangat mendukung sebuah Bisnis yang dimana perusahaan besar kelas dunia juga saling bersaing untuk menjadi yang terbaik. Banyak komputer bermunculan dengan spesifikasi dan merk yang berbeda-beda.
 Inilah 10 komputer tercanggih di dunia ::

1. Komputer Kuantum



Komputer ini merupakan super komputer yang menggunakan prinsip "fisika Kuantum".
Kabarnya komputer ini akan di install di fasilitas badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) dan akan digunakan bersama Google NASA dan para ilmuwan.
Menggunakan processor D-Wave Two akan memperlihatkan pemanfaatan efek yang disebut dengan terowongan Kuantum. Membuat super Komputer ini dapat memecahkan beberapa jenis masalah Matematika hanya sepersekian detik.
Komputer Kuantum tidak menggunakan Bits tetapi menggunakan guBits (Quantum Bits).
Akses kecepatan dari super Komputer ini 3.600 kali lebih cepat dari komputer konvesional/biasa.

2. Sequioa



Sequioa dikabarkan menjadi super komputer tercepat setelah mengukir kecepatan processing 16,32 petaflop/ss

3. K Komputer


Sebelumnya K Komputer menjadi Super Komputer tercepat sebelum adanya Sequoia, K Komputer merupakan perangkat yang berasal dari Negara Jepang yang dikembangkan oleh merk perusahaan Teknologi fujitsu yang tempatnya di rekenn Advanced institute For Computational Science, Kobe Jepang.
Komputer ini memiliki kecepatan 8,162 petaflops atau 8,162 kalkulasi quadrilion per detik dengan rasio efisiensi komputer sebesar 93%  .
Komputer ini menggunakan processor SPARC61 VIIIfx 2.0GHz 8-core sebanyak 68.544 unit yang dutempatkan di 672 lemari. masing masing lemari memiliki 96 titik komputasi dengan 6tambahan titik IO. Masing-masing titik komputasi ini dilengkapi memori sebesar 16GB. bilas masing-masing titik dilengkapi 8 inti prosessor, jumlah prosessornya kesuluruhan adalah 548.352 inti.
Untukmengoprasikan K komputer dibutuhkan daya listrik 9,89 MegaVolt dengan rata-rata 4,3 MegaWatt.

4. TianHe 1A



Super komputer ini memiliki kecepatan dua ribu trilliun kalkulasi detik dann cepat mencatat kecepatan  kalkulasi 2,6 petraflop/s. TianHe 1A merupakan produksi dari China yang dibangun dengan biaya 88 juta dollar Amerika dan terletak di Pusat Super Komputer  Nasional di Tianjin China. Super Komputer ini tercepat di dunia sebelumm dikalahkan K komputer di dari Jepang pada juni 2011.
Tianghe-1 dilengkapi 14.336 unit prosessor Xeon X5670 dan 7.168 Nvidia Tesla M2050 pemroses grafis. Sistem Komputer ini tersusun dari 112 lemari komputer, 12 lemari penyimpanan, 6 lemari komunikasi, dan 8 lemari I/O. setiap lemari komputer terdiri dari 4 frame yang masing-masing memiliki 8 kipas dan 16 port papan pengalih, Adapun total penyimpanan sistem Tianghe-1 sebesar 2 petabytes dengan total memori sebesar 262 Terbytes.

5. Jaguar



Jaguar merupakan Super komputer yang di bangun di perusahaan pembuat super komputer di laboratorium Oak Ridge di Oak Ridge, Tennessee, Amerika Serikat oleh Cray, kecepatan dari jaguar adalah 1,75 petaflpo/s. Jaguar pernah menjadi super komputer tercepat di dunia pada November 2009 hingga jinu 2010.
Jaguar bersistem operasi Cray Linux Environment dengan prossesor x86-based AMD Opteron yang berjumah224.256 unit dan memori sebesar 8 GB. Besaran keseluruhan memori yang digunakan mencapai 360TB. sedangkan besaran penyimpananya mencapai 10 petabytes.

6. IBM Roadrunner


Dikembangkan oleh IBM di laboratorium Nasioal Los Alamos, new Meksiko, Amerika serikat dengan biaya 133 juta Dollar Amerika kecepatan tertinggi komputer super ini 1,456 petaflots yang terjadi pada 2008 .
Salah satu yang membuatnya unik , IBM PowerXcell 8i sebanyak 12.960 unit dan AMD Opteraton dual-core sebanyak 6.480 unit . Siper komputer ini memiliki sistem operasi Red Hat Entreprise Linux

7. Blue Gene




Merupakan proyek Arsitekture yang memproduksi beberapa super komputer. Blue gene hanya dapat melaju 500 teraflops.
Super Komputer ini juga dikembangkan bersama-sama oleh IBM , di laboratorium Nasional Lawrence Livemore, dapartemen Enerrgi Amerika Serikat , dan akademi super komputer ini memiliki 4 pengembang proyek yaitu Gene/L yang dikembangkan oleh laboraurium nasional lawrence Livemore , Blu Gene/C yang merupakan adik proyek Blue gene/L , Blue Gene/P yang dikembangkan oleh IBM, Laboratorium Nasional Lawrience livemore, dan Laboratorium Nasional Argonne , dan Blue Gene/Q

8. Super MUC



Super MUC adalah super Komputer yang dapat kecepatanya mencapai 3 petaflots, Super komputer ini konon disebut sebagai Komputer tercepat di Eropa , Super KomputerMUC merupakan Produksi asal  Jerman yang dikembangkan di Leiniz-Rechentrhum di Kota Munich.
 Sistem Super mUC akan mengguakan 18.432 prosesor Intel Xeon sandy Bridge-EP dan berjalan di server IBM bernama Aquasar yang menggunakan Airpanas untuk mendinginkan Prosesornya.

9. Mira


Mira merupakan salah satu produk dari Perusahaan raksasa IBM ini merupakan versi dari super Komputer Blue Gene. Super komputer ini memiliki kecepatan lebih cepat dibandingkan dari merk-merk sebelumnya.
 komputer super ini diletakkan di National laboratorium di Llinois, Amerika serikat untuk melakukan  bermacam fungsi . Kecepatanya bisa mencapai sekitar 8 platflop perdetiknya.

10. Drawing Nebula



Drawing Nebula merupakan super komputer yang dikembangkan di China dan digunakan National Super Komputer ini pada tahun 2010. Jumlah Core 120640 OS yang di gunakan Linux, Jumlah dayanya sbesar 2,6 juta watt.


Demikian adalah 10 Komputer Tercanggih Di Dunia pada saat ini , Semoga Artikel diatas bermanfaat dan yang membaca semoga bertambah Ilmunya tentang perkembangan Teknologi dan menjadikan motivasi untuk mengembangkan pembelajaran di Dunia komputer ,


Previous
Next Post »